Tutorial Flush DNS

Pada artikel Citrahost kali ini, kita akan bersama membahas mengenai DNS dan tutorial untuk melakukan flush DNS agar ketika kita mengakses sebuah website tidak diarahkan ke website yang mengandung virus ataupun malware. Sebelum masuk ke tutorial flush DNS, ada baiknya kita mulai dari pengertian DNS dahulu.

DNS
DNS (Domain Name System) memiliki peran sebagai kontak di Internet. Ketika user mengakses informasi online melalui sebuah domain lalu browser akan mencari alamat website melalui IP address, disini peran DNS membantu pencarian dengan menerjemahkan nama domain ke IP address sehingga browser dapat menemukan website tersebut. DNS membantu user agar tidak perlu menghapal IP address setiap website yang akan diakses.
Dalam hal ini, tidak kalah pentingnya kita membahas mengenai DNS Cache. Cache merupakan kegiatan dimana data sebelumnya digunakan kembali dengan tujuan untuk mempercepat waktu. Seperti pada penjelasan sebelumnya, ketika user memasukkan alamat website dengan menggunakan nama domain pada browser, browser akan meneruskannya ke router untuk mendapatkan informasi mengenai IP address. Pada router tersebut memiliki server DNS sehingga dapat diteruskan ke DNS untuk memastikan IP address dari alamat website yang sudah diinputkan user tadi. Saat DNS dapat menemukan alamat IP dari website, browser akan menampilkan halaman website tersebut.
Proses ini kan terus terjadi setiap kali user mengakses alamat website. Terlebih lagi jika alamat website sama, dengan DNS cache, proses akses akan lebih cepat.

Flush DNS
Flush DNS dapat digunakan untuk membersihkan DNS anda dan juga dapat digunakan untuk mengatasi DNS cache poisoning atau masalah lainnya. Flush DNS akan menghapus, mengatur ulang cache DNS. Proses ini akan menghapus semua entri dan catatan tidak valid pun akan ikut terhapus. Proses ini akan memaksa perangkat komputer untuk mencatat ulang website-website yang telah diakses sebelumnya.
Contoh permasalahan yang sering dihadapi yaitu, ketika mengakses sebuah halaman website, tetapi yang ditampilkan oleh browser bukan halaman asli dari website tersebut. Proses flush DNS merupakan langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar browser dapat menemukan alamat website yang asli.

Cara Flush DNS untuk Windows

Untuk cara Flush dns melalui windows sendiri kurang lebih sama, namun yang berbeda hanya shortcut untuk membuka command prompt pada tiap-tiap versi windows, berikut adalah cara Flush Dns melalui command prompt windows.

Flush DNS (Windows 7 atau versi sebelumnya)

  1. Klik Start Menu
  2. Klik All Programs
  3. Pilih Accessories, lalu klik kanan Command Prompt
  4. Klik Run as Administrator
  5. Ketikkan ipconfig /flushdns dan tekan Enter

Flush DNS (Windows 8)

  1. Tekan Windows Key atau arahkan pointer ke kiri bawah lalu klik Windows Icon.
  2. Ketik Command Prompt
  3. Klik kanan aplikasinya dan pilih Run as Administrator
  4. Ketikkan ipconfig /flushdns dan tekan Enter

Cara Flush DNS untuk Mac

Berikut ini langkah-langkah flush DNS untuk perangkat MAC:

  1. Buka terminal melalui Utilities
  2. Ketikkan command dibawah ini, disesuaikan dengan versi MacOS nya.Untitled
  3. Tekan Return

Cara Flush DNS untuk Linux

Bagi pengguna Linux, berikut ini cara melakukan Flush DNS untuk Linux:

  1. Buka Terminal
  2. Masukkan command sudo /etc/init.d/nscd restart atau sudo service network-manager restart untuk pengguna UBUNTU.

Nah itulah tutorial mengenai Flush DNS untuk merefresh browser anda ketika terjadi beberapa permasalahan saat mengakses halaman website.

Follow Us